3 Jenis Tangki Solar Pada Genset Yang Perlu Anda Ketahui

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya tangki solar? Tangki  merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampung bahan bakar pada genset. Sehingga genset akan biasa terus menghasilkan aliran listrik alternatif selama digunakan. Ada beberapa jenis tangki yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  1. Tangki Sub Base

Apabila Anda hanya perlu menyimpan kurang dari 1000 galon solar, maka Anda memelukan tangki solar Sub Base. Tangki ini dirancang supaya pas berada di atas tanah dan di bawah dasar genset. Tangki memiliki bentuk persegi panjang dengan dilengkapi menampang yang berbentuk melintang dan tangki yang mempunyai lapisan dinding ganda. Ini akan sangat membantu untuk mencegah tumpahan solar pada saat terjadi kebocoran.

Pada tangki kedua dibuat dengan menggunakan baja las. Selain itu ada beberapa pipa dan alat kelengkapan yang dipasang pada bagian tangki utama.

  1. Tangki penyimpanan bawah tanah

Jika Anda akan menyimpan lebih dari 1000 galon maka Anda perlu menggunakan jenis tangki solar penyimpanan bawah tanah. Tangki ini mempunyai tempat penyimpanan bawah tanah yang cukup besar. Tangki ini terkenal mempunyai harga yang lebih mahal. Akan tetapi memiliki umur yang lebih panjang alias lebih tahan lama.

Tangki ini terbuat dari bahan fiberglass. Selain itu ada yang terbuat dari naja dengan dilengkapi perlindungan katodik yang bisa tahan terhadap terjadinya korosi.

  1. Tangki Penyimanan di atas tanah

Seperti namanya satu ini dipasang di atas tanah. Meskipun konstruksinya sama dengan tangki penyimpanan bawa tanah, tetap ada banyak faktor pembeda dalam hal prosedur pemasangan dari dua jenis tangki ini.

Tangki solar penyimpanan di atas tanah dapat menimbulkan bahaya kebakaran yang akan menyebar pada komponen lainnya yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, harus dipasang dengan jarak minimun yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menahan terjadinya tumoahan dan juga kebocoran tanggul yang sudah dibangun pada sekirar tangki solar penyimpanan di atas tanah. Jenis  tangki ini lebih beresiko dibandingkan yang lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *