Yuk Simak Cara Isi Ulang Bahan Bakar Genset di Sini

Generator set merupakan salah satu mesin yang saat ini begitu banyak dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Genset diesel yang menggunakan bahan bakar dari tangki solar, merupakan mesin generator yang cukup banyak digunakan. Dalam penggunaannya, tentu ada kalanya anda harus mengisi ulang bahan bakar. Cek caranya yang tepat berikut.

Tips Mengisi Ulang Bahan Bakar Genset

1. Jangan Langsung Mengisi saat Mesin Hidup

Tips ketika mengisi bahan bakar ke tangki solar yaitu jangan langsung mengisikannya saat mesin sedang dalam kondisi hidup. Pasalnya, bahan bakar solar terbilang cukup mudah terbakar. Sedangkan mesin genset yang hidup dan beroperasi, akan mengalami peningkatan suhu sehingga akan berbahaya jika anda mengisikan bahan bakar pada kondisi ini.

Sebaiknya matikan genset terlebih dahulu. Namun ini juga bukan berarti serta merta anda bisa langsung mengisikan bahan bakar. Tunggu selama beberapa saat terlebih dahulu, hingga mesin menurunkan suhunya. Jika mesin sudah dingin, barulah anda bisa memenuhi tangki solar dengan bahan bakar isi ulang.

2. Jangan Biarkan Bahan Bakar Benar Benar Habis

Tips Mengisi Ulang Bahan Bakar Genset

Untuk melakukan isi ulang bahan bakar pada tangki solar genset, jangan menunggu bahan bakar tersebut benar benar habis terlebih dahulu. Penting bagi anda untuk memperhatikan level bahan bakar yang dimiliki oleh genset. Bila mesin kehabisan bahan bakar di tengah tengah penggunaannya, maka bisa terjadi masalah besar.

Salah satunya yaitu asupan listrik untuk berbagai peralatan kelistrikan anda bisa padam seketika. Jika untuk kebutuhan rumah tangga, mungkin terkadang hal ini tidak masalah. Namun bagaimana jika dalam skala yang lebih besar seperti di pabrik atau rumah sakit ? Tentu akan menjadi masalah, selain itu kondisi ini juga bisa merusak mesin genset itu sendiri.

3. Jangan Mengisi Bahan Bakar dengan Cara Salah

Mengisi tangki solar dengan baik sebagai bahan bakar penggerak genset, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Operator perlu mempelajari buku manual dengan baik dalam hal ini. Pertama pastikan mesin dalam kondisi mati, lalu buku tutup penyimpanan bahan bakar, tuangkan bahan bakar solar sesuai kapasita, dan tutup kembali tangki dengan baik.

Karena solar merupakan bahan yang mudah terbakar, tentu menggunakan perlu kehati hatian. Anda tidak boleh sembarangan dalam mengisikan bahan bakar solar ke dalam tangki genset. Jika semua tips tips di atas anda praktikkan dengan baik, maka penggunaan genset diesel pun akan berjalan dengan baik pula dalam memenuhi kebutuhan kelistrikan.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *